Senin, 05 Agustus 2019

Ini 5 Trik Cerdik Kampanye Pemasaran

Image result for Ini 5 Trik Cerdik Kampanye Pemasaran

Ada kampanye pemasaran biasa dan ada kampanye pemasaran yang cerdas. Yang pertama mungkin seringkali Kamu temui tetapi sulit menempel di pikiran Kamu.

Sesaat yang ke-2 ialah type kampanye pemasaran yang unik serta akan dikenang selama hidup. Mungkin Kamu butuh memandang kampanye pemasaran yang sekarang sedang Kamu lakukan dengan lihat pada lima studi masalah di bawah ini jadi perbandingan.

Seperti diambil dari Pengusaha, ada 5 langkah team pemasaran yang dipandang cerdas dalam mengenalkan produknya.

1. Atlanta Hawks dengan 'Swipe Right' Night 

Musim kemarin, satu diantara club basket papan atas Amerika Serikat, Atlanta Hawks, mengadakan acara paling mengagumkan dalam riwayat olahraga profesional belakangan ini. Mereka mengatakan Swipe Right Night, yang digerakkan lewat Tinder - satu aplikasi kencan yang popular di golongan milenium (yang memberi prosentase besar dari penjualan ticket NBA). Berikut langkah kerja:

Atlanta Hawks menggerakkan fansnya yang ada untuk lakukan swipe right memakai Tinder. Bila tertarik serta swipe right, karena itu peserta akan digiring ke satu Love Lounges yang telah ditempati single yang lain. Ditengah-tengah beberapa peserta berupaya cari pasangannya, Hawks janji akan pilih blog-blog single paling penuhi ketentuan. Fans dikasih peluang untuk memenangi ticket ke permainan serta acara yang lain.

Acara itu sukses untuk beberapa fakta. Pertama, itu unik. Sangat banyak team olahraga profesional mengulang-ulang acara-acara tiap musim dengan format yang sama, tapi Hawks beri kesegaran acara dengan suatu yang benar-benar baru serta inovatif. Ke-2, acara diperuntukkan untuk sasaran pasar spesial yaitu: milenium. Ke-3, kampanye pemasaran semacam ini konsentrasi pada memberikan pengalaman serta bukan acara yang menjemukan.

2. Kampanye Gaun Berwarna 

Masih ingat dengan kejadian gaun berwarna Februari lalu? Nah, masalah itu menyebabkan banyak kreatifitas dari perusahaan yang lain serta adalah contoh prima bagaimana kampanye pemasaran harus berkaitan serta lincah.

Dunkin' Donuts salah satu contoh yang dapat mengadaptasinya. Mereka mengupload gambar dua donat besar yang berlainan warnanya -satu biru serta hitam, lainnya putih serta emas- dengan info yang mengeluarkan bunyi, " Tidak perduli apa itu biru/hitam atau putih/emas, mereka masih berasa lezat."

Mereka bukan hanya satu yang mengambil kejadian gaun berwarna. Tetapi kemungkinan yang paling cocok mengambil kampanye pemasaran gaun berwarna ialah Tide. Mengerti jika merk mereka kelihatan sesuai dengan kejadian ini, Tide mengupload gambar dua gaun dengan latar oranye yang tertulis, " Kelihatannya jadi permasalahan saat Kamu tidak memakai Tide Plus ColorGuard. #TheDress."

3. Coupon Selfie bersama dengan Urban Hilton Weiner 

Ini ialah kampanye pemasaran yang cukup cerdas. Awalannya mereka ialah perusahaan baju yang kurang diketahui. Tetapi dengan coupon selfie, nama mereka seringkali diulas di majalah-majalah fesyen.

Urban Hilton Weiner memakai sosial media waktu menginformasikan mereka akan tawarkan coupon sejumlah US$ 10 untuk tiap orang yang mengupload photo selfie kenakan satu diantara item baju mereka, dengan hashtag kampanye spesial #urbanselfie. Kampanye itu sukses besar. Bukan sekedar tingkatkan penjualan, tapi yang sangat penting, tingkatkan visibilitas merk mereka.

4. British Airways dengan 'The Magic of Flying' 

British Airways manfaatkan aplikasi mobile serta tehnologi berbasiskan tempat untuk bikin satu diantara kampanye yang paling mengagumkan belakangan ini. Perusahaan penerbangan Inggris itu membuat billboard digital di wilayah yang benar-benar repot yang tampilkan seseorang anak menunjuk ke langit.

Saat satu pesawat terbang di atasnya, billboard akan tampilkan teks yang mengatakan nomer penerbangan serta arah akhir penerbangan. Semuanya seperti berpesan jika British Airways tawarkan 'lebih banyak penerbangan ke beberapa tujuan'.

5. Always dengan #LikeAGirl 

Kampanye ini memperkuat pandangan mengenai gadis-gadis muda. Bukannya memakai frasa 'seperti seseorang gadis' yang memberi konotasi negatif, jasa kampanye online berupaya untuk bikin frasa yang positif.

Iklan diawali dengan minta orang dewasa serta anak muda untuk mengikuti ungkapan-ungkapan seperti, 'Melempar seperti seseorang gadis' atau 'Berlari seperti seseorang gadis'. Kemudian iklan minta gadis-gadis muda untuk mengikuti frasa yang sama. Hasilnya betul-betul berlainan. Gadis-gadis muda mempunyai citra yang tambah lebih positif dari mulanya.

Iklan itu kerja dengan benar-benar baik, sebab memperoleh lebih dari 55 juta penampilan di YouTube, 200.000 lebih Like di YouTube, beberapa ratus ribu komentar di Facebook serta lebih dari 40.000 tweet.

Kampanye pemasaran yang cerdas tidak kelihatan nyaman dari sudut pandang usaha. Tetapi kampanye pemasaran yang cerdas serta unik semacam itu akan membuat mereka mencolok. Tentunya, ini bisa memberikan keuntungan perusahaan Kamu atau jadi bumerang bila Kamu tidak waspada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *