Kamis, 16 April 2020

Tips Memilih Sepatu Agar Terbebas dari Masalah Kaki

4 Tips Memilih Sepatu yang Tepat Agar Kaki Tidak Bermasalah

Pergi kerja, kuliah, hangout, atau olahraga pasti memerlukan sepatu yang pas. Bila salah beli sepatu, kaki Anda dapat lecet serta sakit. Agar tidak salah jatuhkan pilihan, baca panduan pilih sepatu yang sudah dikumpulkan oleh Team Dukungan Priority Indonesia (Produsen Sepatu Militer POLRI Safety Tunggang Kulit Asli serta Sintetis) di bawah ini.

Bagaimana sepatu mengubah kesehatan kaki?

Sebelum tahu masalah panduan pilih sepatu, sebaiknya kita ketahui dahulu bagaimana sepatu mengubah kesehatan kaki kita. Pilih sepatu yang sesuai dengan akan menghindari Anda dari luka. Sepatu yang bentuk serta ukurannya tidak cocok dapat memberi desakan pada sendi serta gesekan pada kulit kaki. Mengakibatkan bermacam, bukan hanya kulit kaki melepuh saja.

Diambil dari Victoria State Government, permasalahan yang kemungkinan berlangsung pada kaki sebab kekeliruan gunakan sepatu, diantaranya:

-Kaki dapat luka, dari mulai kulit kaki melepuh, ngilu pada jari kaki atau pergelangan kaki, sampai bentuk tulang jari kaki yang bisa beralih.

-Memilih sepatu yang tidak pas dapat juga jadi memperburuk ngilu atau radang sendi di lutut serta pergelangan kaki.

-Sepatu yang tidak cocok dapat membuat Anda susah berjalan secara benar serta memunculkan merasa tidak nyaman saat berdiri atau berjalan.

Supaya terlepas dari permasalahan kaki, turuti beberapa panduan pilih sepatu secara benar di bawah ini.

1. Membeli sepatu di siang hari

Panduan pilih sepatu yang satu ini kemungkinan terdengar aneh buat Anda. Tetapi, tahukah Anda bila waktu beli sepatu rupanya bisa mengubah sepatu yang akan diambil. Waktu paling baik untuk beli sepatu ialah siang hari. Mengapa? Waktu siang hari, ukuran kaki Anda beralih bertambah lebih besar. Ditambah lagi bila Anda awalnya sudah jalan-jalan mengelilingi toko, ukuran kaki juga pasti makin bertambah. Itu penyebabnya, beli sepatu di siang hari dapat menghindari Anda dari beli sepatu yang kekecilan.

2. Melihat sepatu baik-baik

Bila Anda sudah temukan sepatu yang mengundang perhatian, jangan langsung putuskan untuk membelinya. Ingat pilih sepatu yang pas, tidak cuma dipandang dari design atau warna yang menarik. Ada banyak panduan yang penting Anda lihat saat pilih sepatu, yaitu:

-Pilih tipe sepatu sesuai kesibukannya

-Cek keadaan sepatu, apakah ada kerusakan atau cacat

-Pilih bahan sepatu yang Anda kehendaki, entahlah itu karet, kulit, nylon, atau canvas

-Periksa ketebalan sol sepatu serta pilih yang tidak gampang aus (terkikis)

-Cek berat sepatu serta pilih mana yang pas untuk kesibukan Anda

-Periksa kekuatan sepatu, khususnya untuk sepatu high heels yang rawan patah sisi haknya.

3. Mencari ukuran sepatu yang pas

Anda kemungkinan mengingat secara baik ukuran sepatu yang umumnya Anda gunakan. Tetapi, ukuran kaki dapat beralih bertambah besar bersamaan menambahnya waktu. Ditambah lagi beberapa produsen sepatu mempunyai sedikit ketidaksamaan ukuran. Itu penyebabnya, salah satunya panduan saat pilih sepatu untuk dibeli dengan menghitung kembali lagi kaki Anda. Yakinkan jika ukurannya memang sesuai ukuran kaki Anda sekarang. sepatu dapat dibeli di tempat jual sepatu safety

4. Coba sepatunya

Sesudah temukan ukuran yang pas, Anda harus coba sepatu itu. Minta petugas toko untuk cari sepatu sesuai ukuran yang Anda meminta. Nah, waktu coba sepatu, rasakan kenyaman pada kaki Anda. Yakinkan sedikit ada ruangan di antara ujung kaki dengan ujung sepatu. Lalu, gerakkan jari kaki Anda untuk memeriksa ada ruangan gerak untuk jari kaki. Coba juga untuk berdiri serta berjalan sesaat pastikan sepatu Anda nyaman digunakan. Bila kaki Anda berasa tertekan serta jari kaki tidak dapat bergerak dengan bebas, ubah dengan ukuran yang semakin besar. Supaya lebih percaya, coba untuk berjalan di atas permukaan lantai keramik serta berkarpet. Panduan yang lain saat akan pilih sepatu, bila perlu bawa serta kaus kaki waktu Anda beli sepatu. Pakai kaus kaki itu untuk pastikan jika sepatu yang Anda pilih sesuai dengan ukuran serta nyaman.

Nah jika telah memperoleh sepatu baru yang cocok serta pas, setelah itu bagaimana membuat sepatu itu betul-betul punya anda, dalam kata lain bersatu dengan kaki anda.

Langkah Menggunakan Sepatu Baru dengan Nyaman

Sudah pernahkah Anda beli sepasang sepatu baru yang rupanya membuat kaki Anda sakit? Jangan taklukkan sepatu itu. Sepatu baru dapat ditangani dengan mulai menggunakannya supaya nyaman. Bukan bermakna Anda betul-betul memaksakan untuk menggunakannya, tetapi Anda harus melatih sepatu itu dengan kaki Anda. Berikut cara-cara yang dapat menolong Anda untuk membuat sepatu baru supaya cocok dengan kaki Anda.

Gunakanlah sepatu baru di seputar rumah.
-Sebelum menggunakan sepatu baru di luar rumah, pakailah untuk naiki tangga, berdiri (waktu memasak makan malam, bermain dengan beberapa anak, dan lain-lain), duduk, serta lari. Ini ialah cara yang paling dapat dihandalkan untuk bikin sepatu baru nyaman digunakan secara gampang serta mudah. Bila Anda mempunyai sepatu kulit atau sepatu pesta yang bagus (sepatu-sepatu yang membuat Anda frustrasi sebab mengakibatkan lecet, beralih memiliki bentuk, atau serta sirna warnanya), cara ini paling aman untuk dicoba.

-Mula-mula, gunakanlah sepatu dalam sekejap tetapi seringkali. Saat Anda coba sepatu baru sebelum membelinya, Anda bisa berjalan serta jarang-jarang berasa sakit, kan? Itu sebab Anda belum menggunakannya dalam tempo lumayan lama yang dapat mengakibatkan rasa sakit (atau mengganti bentuk sepatu supaya sesuai kaki Anda). Jadi, saat mulai menggunakan sepatu baru di dalam rumah, gunakanlah selekasnya serta sekerap kemungkinan. Jangan berasa harus menggunakannya sepanjang berjam-jam untuk tahu bedanya. Sebelumnya, gunakanlah sepatu sepanjang 10 menit. Coba langkah ini sepanjang beberapa waktu. Dengan cara setahap, pakailan sepatu sepanjang 10 menit atau lebih, tiap beberapa waktu sekali, sampai Anda dapat menggunakan sepatu sepanjang satu jam. Pada sekarang, sepatu baru itu harusnya bisa anda kalahkan

-Bawalah sepatu ke tempat kerja. Gunakanlah sepatu lama ke tempat kerja, tetapi saat duduk, awalilah menggunakan sepatu yang baru serta lakukan dengan kaki Anda. Ini ialah langkah simpel untuk mulai menggunakan sepatu baru sekalian mengirit waktu.

-Pakailah sepatu bersama-sama kaus kaki. Dengan langkah ini, Anda dapat tahu bila membutuhkan kaus kaki waktu menggunakannya. Langkah ini dapat menahan kaki supaya tidak lecet saat harus melatih diri dengan sepatu baru. Gunakanlah sepatu baru dengan kaus kaki yang sedikit semakin besar daripada yang biasa Anda pakai. Coba menggunakan kaus kaki katun yang tebal serta pencet ke sepatu Anda. Jangan mengambil langkah begitu cepat, bisa-bisa kaki Anda lecet. Jaga kaki waktu menggunakan sepatu itu. Ukuran kaus kaki akan menolong meregangkan bentuk sepatu.

Membekukan Sepatu Baru
-Masukkan air ke dua buah kantung plastik sandwich bag (memiliki ukuran seputar 16, 5 cm x 15 cm) sampai 1/2 penuh. Yakinkan kantung plastiknya lumayan besar hingga bisa memberikan desakan pada sepatu saat meregang di pembeku. Saat tutup kantung plastik, taklukkan semua udara didalamnya. Langkah ini semakin lebih gampang untuk " membuat "air di kantung plastik untuk membuat sepatu Anda. Cara ini mewajibkan sepatu ada di pembeku dalam tempo yang lama, hingga peluang sepatu jadi basah. Yakinkan sepatu yang Anda pakai dengan cara ini bukanlah sepatu yang sangatlah baik atau rawan dengan kerusakan air.

-Masukkan kantung plastik ke semasing sepatu. Yakinkan kantung plastik tertutup rapat. Anda pasti tidak mau sepatu Anda terlapisi es saat mengeluarkannya dari dalam pembeku.

-Masukkan sepatu ke kantung plastik tertutup yang semakin besar serta masukan ke pembeku. Sepatu harus berisi kantung plastik yang lebih kecil di rongganya serta satu kantung plastik yang semakin besar untuk melindunginya dari kelembapan luar.

-Tunggulah sepanjang 3-4 jam. Saat air di sepatu membeku, maka meregang, memberikan desakan di rongga sepatu, serta membuat sepatu. Keuntungan memakai air dibanding memakai shoe stretcher (alat untuk meregangkan sepatu) ialah air akan sesuaikan kontur sisi dalam sepatu dengan cara prima.

-Keluarkan sepatu dari pembeku. Air yang ada di plastik saat ini menjadi es. Mengeluarkan kantung plastik dari dalam sepatu. Anda harus menanti beberapa waktu untuk mengeluarkannya supaya lebih gampang. Coba menggunakan sepatu itu. Saat sepatu tidak dingin, coba untuk menggunakannya untuk berjalan serta lari bila sepatu yang Anda gunakan ialah sepatu olahraga. Sepatu baru Anda saat ini telah mempunyai bentuk, sedikit meregang, serta jauh bertambah nyaman.

Memanaskan Sepatu
-Pakailah sepatu sepanjang 10 menit. Gunakanlah sepatu serta lebih bagus lagi bila digunakan bersama-sama kaus kaki. Berjalanlah seputar 10 menit. Langkah ini dilaksanakan untuk melatih sepatu supaya siap dipakai. Bebaskan sepatu serta regangkan dengan cara manual. Bila sangat mungkin, bengkokkan sepatu mengarah depan serta belakang beberapa waktu.

-Panaskan sepatu. Memanaskan sepatu akan melebarkan materialnya, ditambah lagi bila memiliki bahan kulit, karena itu sepatu itu akan bertambah lebih lentur. Pakai pengering rambut, susunlah pada tempat panas (tetapi bukan yang paling panas) serta panasi sepatu sepanjang 2-3 menit. Bila tidak ada pengering rambut, tempatkan sepatu di dekat pemanas ruang, atau jemur di bawah cahaya matahari langsung. Sedikit sumber panas lebih bagus dibanding tidak ada panas benar-benar.

-Segera sesudah dipanaskan, gunakanlah sepatu itu. Gunakanlah sepatu sepanjang 10 menit untuk berjalan, duduk, atau serta lari. Ulangilah minimal lebih dari sekali. Sepatu akan betul-betul berasa bertambah nyaman sesudah dipanaskan seringkali.

Pilihan lain
-Jika sangat mungkin, belilah alat shoe stretcher. Beberapa cara ini akan membuat sepatu sedikit lebih lentur. Bila Anda tidak mau beli shoe stretcher (walau dapat dibeli dengan harga terjangkau di toko online), merenggangkan sepatu mengarah belakang serta depan dengan menggenggam tumit serta ujung sepatu dapat sukses secara baik. Yakinkan Anda menggunakan sepatu itu sesudah melenturkannya, bila tidak digunakan, karena itu sepatu akan kehilangan memiliki bentuk.

-Gunakan kentang. Kupaslah satu kentang memiliki ukuran besar serta menghilangkan kelembabannya dengan kertas tisu. Masukan kentang ke rongga sepatu serta diamkan semalaman. Mengeluarkan kentang dari sepatu esok paginya.

-Belilah semprotan peregang sepatu. Semprotkan sepatu dengan larutan peregang sepatu, turuti panduan yang tercantum pada paketannya. Umumnya panduan itu akan mereferensikan Anda untuk meregangkan sepatu ke depan serta belakang dengan cara manual di antara penyemprotan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *