Selasa, 28 Agustus 2018

KONSULTASI, PERENCANAAN PEMENANGAN PEMILU

Related image

SUMBER DAYA MANUSIA
contoh web caleg - Calon mustahil memenangi PILKADA cuma berdua pasangan. Diperlukan banyak support orang yang lain untuk meraih kemenangan. SDM adalah unsur strategis. Diperlukan orang dengan jumlahnya serta kualitas spesifik.

Yakinkan pilih Team Sukses yang pas:

  • Yakinkan jumlahnya SDM yang diperlukan di tiap-tiap tahap serta posisi sampai ke titik TPS. 
  • Yakinkan kwalifikasi SDM yang diperlukan pada tiap-tiap tahap. 
  • Yakinkan SDM itu betul-betul punya niat menolong. 
  • Yakinkan SDM datang dari asal mula yang pasti, jangan pernah beberapa orang dari lawan yang masuk ke team. 

Tidak hanya tenaga suka-rela, buat yang benar2 bekerja full time butuh dikasih kompensasi. “Pekerja politik” yang full time mesti dibedakan dengan tenaga suka-rela. Pekerja politik mesti dihargai sama juga dengan pekerja bagian yang lain, pasti hanya potensi calon, yang disetujui bersamanya.

2. SUMBER DAYA DANA
Dana ialah unsur penting ke-2 yang perlu jelas asal usulnya serta jelas banyaknya. Semua komponen operasional pemenangan Pemilihan kepala daerah tergantung pada jumlahnya dana yang ada. Semua taktik disusun berdasar pada kemampuan dana.

3. SUMBER DAYA WAKTU

Waktu ialah sumber daya yang sangat gawat. Waktu dalam Pemilihan kepala daerah begitu ketat dengan hitungan waktu ke waktu bahkan juga jam ke jam. Tiap-tiap menit waktu ialah bernilai karena itu manajemen waktu ini begitu terpenting.

Semua tingkatan taktik Pemilihan kepala daerah memerlukan timing yang pas. Karena itu Waktu jadi factor yang begitu memastikan kesuksesan satu taktik pemenangan.

Diperlukan waktu spesial untuk membuat taktik bersama dengan orang2 kunci yang sudah kamu pilih. Pertemuan yang banyak mengonsumsi tenaga serta waktu untuk membuat taktik pemenangan. Session Taktik mengulas FRAMEWORK (Akan ditulis pada posting selanjutnya). Tiap-tiap posisi dalam frame-work itu mesti dipertanyakan serta dijawab dengan selesai. Tidak bisa ada satu posisi juga yang tidak terjawab.

Banyak hal yang butuh dilihat dalam menyiapkan pertemuan session taktik ialah:

  • Undang orang2 kunci yang ada percayai serta yang gagasannya kamu perlukan. 
  • Pakai frame-work untuk menelusuri serta menjawab tiap-tiap posisi yang diperlukan dalam taktik pemenangan Pemilihan kepala daerah. 
  • Jadwal waktu yang pas untuk tiap-tiap pertemuan session taktik. Pertemuan ini ialah semenjak awal mencalonkan diri sampai mendekati waktu kampanye. Saat kampanye telah dalam step menggerakkan taktik. 
  • Tiap-tiap taktik tetap mempunyai pintu masuk serta pintu keluar. Yakinkan tetap ada gagasan cadangan. 

Serangkaian pertemuan session taktik ini memerlukan waktu yang panjang. Bahkan juga setahun sebelum sah mengatakan diri sebagi calon, pertemuan persiapan session taktik ini seharusnya telah dikerjakan. Beberapa penelitian terapan untuk pemilu (termasuk juga Pemilihan kepala daerah) harusnya dikerjakan minimum setahun sebelum Pemilihan kepala daerah berjalan.

Peranan, pekerjaan serta tanggungjawab dalam kampanye dibagi bagian-bagian seperti berikut:

1. Kandidat

Pasangan calon ialah Orang yang sangat terpenting. Calon mesti benar2 mengurus sumber daya yang sangat terpenting serta gawat yakni Waktu. Waktu mesti benar2 dikelola dengan baik. Yakinkan waktu semakin banyak digunakan untuk berjumpa dengan beberapa pemangku kebutuhan, terpenting beberapa pemilih. Cukupkan waktu optimal cuma 1 jam untuk ada di Kantor/Sekretariat pemenangan. Pakai waktu selebihnya dengan utuh untuk menjumpai beberapa calon pemilih.

Yang perlu diingat betul-betul oleh Calon:

  • Pekerjaan kamu ialah berjumpa dengan calon pemilih untuk memberikan keyakinan pastikan mereka pilih kamu. 
  • Pekerjaan calon bukan membuat taktik karena hal tersebut sudah dipercayakan pada Team Sukses. Pekerjaan Calon ialah: mememui calon pemilih serta menyakinkan mereka untuk pilih kamu. 
  • Pekerjaan Calon bukan mengurus dana Kampanye karena kamu sudah memercayakan pekerjaan ini pada seorang terpercaya didalam Team kamu. Pekerjaan Calon ialah menjumpai calon pemilih serta memberikan keyakinan mereka untuk pilih kamu. 
  • Pekerjaan Calon bukan untuk membuat Jadwal Kampanye karena kamu sudah memercayakan pekerjaan ini pada manajer team sukses. Pekerjaan Calon ialah menjumpai calon pemilih serta memberikan keyakinan mereka untuk pilih kamu. 

2. Ketua Team Sukses/Manajer Kampanye berserta anggota tim

Semua tingkatan serta proses pemenangan, pelaksanaan kampanye ialah pekerjaan Ketua Team Sukses berserta anggotanya.

Ketua Team Sukses atau Manajer Kampanye (atau sebutan yang lain) yang bekerja serta pastikan jika:

  • Calon terjadwal untuk menjumpai calon pemilih. 
  • Mengurus jadwal kampanye. 
  • Mengurus beberapa hal yang terkait dengan wartawan. 
  • Mengurus dana. 
  • Mengurus karyawan serta relawan. 

3. Peran-peran lain

Semua kampanye mempunyai keperluan sama akan tetapi tidak ada kampanye yang sama. Beberapa pekerjaan membutuhkan satu orang atau lebih. Kampanye yang menyertakan beberapa orang karena itu tiap-tiap pekerjaan memerlukan sebagian orang relawan. Akan tetapi ada pula satu orang yang mungkin melakukan tiga pekerjaan atau lebih untuk beberapa kampanye. Semua tergantung pada keperluan serta ditetapkan dalam SESI STRATEGI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *