Minggu, 30 Agustus 2020

Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Nyeri setelah Berlari

Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Nyeri setelah Berlari

Lari adalah olahraga yang mulai banyak disukai. Kecuali murah, lari gampang dilaksanakan kapan saja serta dimana saja. Lari berguna untuk jaga kesehatan serta kesehatan badan, dan tingkatkan kemampuan otot serta tulang. 

Tetapi, sesudah lari kadang ada rasa ngilu pada kaki. Apa pemicunya? Baca keterangan di bawah ini.

Ngilu otot sesudah lari, lumrah atau bahaya?

Waktu lari berlangsung kontraksi pada otot, hingga mengakibatkan timbulnya rasa ngilu. Ini sebetulnya lumrah berlangsung serta tidak mencelakakan. Malah rasa ngilu memperlihatkan jika otot kerja secara baik. 

Rasa ngilu karena disebabkan otot sedang menyesuaikan dengan latihan yang dilaksanakan. Tetapi, bila rasa ngilu yang muncul membuat Anda tidak dapat berjalan serta mengganggu kesibukan, peluang lari yang dilaksanakan terlalu berlebih, hingga perlu pendinginan serta pemulihan.

Pemicu kaki ngilu sesudah lari

Berikut banyak hal yang bisa mengakibatkan rasa ngilu pada kaki sesudah lari, misalnya: 

Kurang pemanasan

Lakukan pemanasan benar-benar perlu dikerjakan untuk menyiapkan otot sebelum lari. Disamping itu, pemanasan perlu dilaksanakan untuk tingkatkan saluran darah serta detak jantung sebelum lari. 

Tetapi, beberapa orang yang seringkali meremehkan pemanasan, hingga mengakibatkan rasakan sakit sesudah lari. Sebelum lari seharusnya lakukan pemanasan semasa 10-15 menit.

Jalan yang dilalui tidak pas

Pilih jalan lari yang tidak pas, seperti jalan berbatu, naik, atau turun bisa menganiaya kaki, hingga mengakibatkan rasa ngilu. Pilih jalan lari yang sesuai ketahanan kaki untuk hindari luka.

Sepatu tidak pas

Pilih sepatu lari yang tidak pas dapat mengakibatkan ngilu pada kaki. Seharusnya pilih sepatu lari yang cocok dengan kaki, tidak kekecilan serta tidak kebesaran. Disamping itu, pilih sepatu yang mudah, mempunyai bantalan empuk, dan mempunyai perputaran udara didalamnya. Anda dapat menemukan sepatu kulit dengan kualitas dan harga yang terjangkau di tempat jual sepatu safety .

Lari yang terlalu berlebih

Saat sedang semangat, Anda dapat lari sampai satu jam. Tetapi, bila sedang malas, Anda tidak lakukan olahraga. Perihal ini pula yang bisa mengakibatkan timbulnya rasa ngilu pada otot serta tulang kering sesudah lari. Kerjakan olahraga lari dengan teratur serta tidak terlalu berlebih untuk hindari luka.

Langkah menangani rasa ngilu sesudah lari

Sebetulnya rasa ngilu pada kaki sesudah lari lumrah berlangsung. Tetapi, ini kadang mengganggu kesibukan setiap hari. Untuk meminimalkan timbulnya rasa ngilu, berikut cara-cara yang bisa dilaksanakan, diantaranya:

Coba enjoy

Coba enjoy waktu lari lebih bagus dibanding dengan tergesa-gesa. Lari dengan enjoy akan memberi peluang otot menyesuaikan dengan latihan yang dilaksanakan. Seharusnya janganlah lupa lakukan pengenduran sebelum lari. 

Lakukan pengenduran sebelum lari akan menolong mempersiapkan otot, hingga hindari berlangsungnya luka. Disamping itu, janganlah lupa lakukan pendinginan sesudah lari. Waktu lari, awalilah dengan lari pelan-pelan, sesudah otot siap serta tenaga telah terkumpul, Anda dapat menaikan kecepatan.

Coba repeated bout effect

Anehnya terbiasanya menghancurkan otot dengan cara intens malah bisa percepat pemulihan otot. Pada latihan awal, memberi desakan pada otot akan memunculkan rasa ngilu. 

Tetapi, bila dilaksanakan dengan teratur, karena itu otot akan kebal serta terlatih dengan desakan yang diberi. Waktu lari, coba memberikan tambahan sprint singkat. Bila ini dengan teratur dilaksanakan, karena itu Anda bisa lari secara baik tanpa ada rasakan sakit.

Rasa ngilu memang seringkali berlangsung sesudah lari. Ini karena disebabkan otot sedang berkontraksi serta menyesuaikan dengan latihan yang dilaksanakan. Rasa ngilu ini biasa akan lenyap beberapa waktu. 

Tetapi, bila rasa ngilu tidak hilang serta mengganggu kesibukan, seharusnya selekasnya hubungi dokter, untuk hindari kerusakan otot yang kemungkinan berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *